OSI LAYER II BLC TELKOM Klaten - Edwin Firmansyah

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 22 Januari 2018

OSI LAYER II BLC TELKOM Klaten


I. Pendahuluan
   Sebelum munculnya model referensi OSI, sistem jaringan komputer sangat tergantung kepada pemasok (vendor). OSI berupaya membentuk standar umum jaringan komputer untuk menunjang interoperatibilitas antar pemasok yang berbeda. Dalam suatu jaringan yang besar biasanya terdapat banyak protokol jaringan yang berbeda. Tidak adanya suatu protokol yang sama, membuat banyak perangkat tidak bisa saling berkomunikasi.

II. Latar Belakang
    OSI atau Model Open Systems Interconnection diciptakan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang menyediakan kerangka logika terstruktur bagaimana proses komunukasi data berinteraksi melalui jaringan. 

III. Maksud & Tujuan
    Agar memahami tentang OSI layer.

IV. Jangka Waktu
    10-20 menit



V. OSI Layer


 1. Physical Layer
    Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan.

2. Data-Link Layer
   Befungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame.

3. Network Layer
   Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3.

4. Transport Layer
    Berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima.

5. Session Layer
     Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Selain itu, di level ini juga dilakukan resolusi nama.

6. Presentation Layer
      Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.

 7. Application Layer
       Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan.


 VI. Kesimpulan
    Apabila anda belajar jaringan anda harus mengetahui dasar- dasar seperti OSI Layer.

VII. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Model_OSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here