VPN II BLC Telkom Klaten - Edwin Firmansyah

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 22 Maret 2018

VPN II BLC Telkom Klaten


I.Pendahuluan
     Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan media internet saat mencari informasi atau mencari hiburan di internet adalah masalah keamanan dan kenyamanan, terkadang saat kita sedang mencari informasi atau mencari suatu data di internet, tanpa kita sadari bahwa kita sedang dimata-matai atau bahkan sedang diambil beberapa data penting milik kita oleh orang lain, saat kita sedang menggunakan internet.
     Oleh karena itu, diperlukan lah cara untuk dapat membuat suatu jalur yang memilki suatu akses atau kelebihan yang berbeda berupa jalur sendiri yang tidak akan terdeteksi oleh orang lain yang sedang sama-sama menggunakan jaringan terebut. Salah satu contoh teknologi untuk jalan keluar dari masalah terebut adalan dengan menggunakan VPN.
      Dengan menggunakan VPN orang-orang yang sama-sama menggunakan jaringan internet tidak akan bisa mendeteksi kita yang sudah menggunakan VPN karena cara kerja dari VPN sendiri seperti membuat suatu jarlur tersendiri sehingga orang yang berjalan pada jalur yang biasanya tidak akan bisa mendeteksi orang-orang yang menggunakan VPN. Oleh karena itu dengan menggunakan VPN  membuat para penggunanya akan lebih aman dari orang-orang yang akan memata-matai kita atau bahkan mencuri informasi kita.

II. Pengertian

      Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah jaringan komputer dimana koneksi antar nodenya memanfaatkan jaringan public (Internet / WAN) karena mungkin dalam kondisi atau kasus tertentu tidak memungkinkan untuk membangun infrastruktur jaringan sendiri.  Interkoneksi antar node seperti memiliki jaringan yang independen yang sebenarnya dibuatkan koneksi atau jalur khusus melewati jaringan public.
      Pada implementasinya biasanya digunakan untuk membuat komunikasi yang bersifat secure melalui jaringan Internet, tetapi VPN tidak harus menggunakan standard keamanan yang baku. Salah satu contohnya adalah Penggunaan VPN untuk akses network dengan tingkat security yang tinggi di system reservasi ticket.
      Pengimplementasian VPN sendiri terdiri dari beberapa type seperti :
    1. Router Network :
        a. VPN yang digunakan oleh jaringan atau network yang sudah melewati beberapa atau banyak hop yang sering disebut multi hop atau sudah melewati/masuk ke jaringan internet. Contoh dari implementasian ini adalah menggunakan PPTP.
     2. Bridge Network :
        b. Jenis VPN bridge network ini diimplementasikan pada network yang masih berada pada satu switch yang sama (satu network bridge). Contohnya adalah menggunakan PPPoE.

       VPN atau Virtual Private Network mendukung banyak protocol jaringan dalam penggunaanya seperti PPTP,L2TP,Ipsec dan SOCKS, semua protocol tersebut dapat digunakan  untuk membatu kinerja dari VPN itu sendiri, dan masing-masing protocol tersebut berbeda-beda dari segi penggunaanya seperti PPTP yang digunakan untuk network yang sudah melewati multi hop.
       VPN dikenal sebagai teknologi yang membuat jaringan penggunanya menjadi aman dikarena banyak sekali keunggulan dan fitur dari VPN sendiri, sperti VPN ini mendukung keamanan yang terpercaya karena setiap percakapan atau aliran datanya akan dienkripsi yang berati bahwa jaringan VPN tidak akan dapat terlihat oleh jaringan-jaringan yang lebih besar. Selain itu VPN Memfasilitasi pengguna untuk menyembunyikan alamat IP, sehingga ketika menjelajahi berbagai macam website pihak lain tidak akan mengetahui lokasi geografis pengguna.
Dengan menggunnakan VPN banyak sekali hal yang dapat ditimbulakan, Contohnya :

1. ISP tidak akan mengetahui apa yang sedang dicari oleh pengguna VPN
Pihak ISP tidak akan dapat melihat atau mengetahui aktifitas kita saat mengakses internet karena setiap data yang dikirim maupun diterima oleh client VPN akan dienkripsi datanya. ISP juga tidak akan mengatahui website apa yang sedang dibuka karena dari sudut pandang ISP bahwa client VPN hanya terhubung terhadap Server VPN.
2. Alamat IP yang terlihat adalah IP server VPN
Pada setiap client VPN akan terdeteksi bahwa IP mereka adalah IP dari Server VPN. Server VPN sendiri bisa saja terletak pada negara lain sehinngga bagi orang-orang yang akan mendeteksi setiap aktifitas ataupun history  pencarian kita saat terhhubung ke internet hanya mampu menemukan jejak dari server VPN.
3. Rasa aman ketika menggunakan WIFI Publik
Dengan banyak wifi yang tertebari ditempat-tempat startegis pastilah banyak orang yang akan menggunakan wifi tersebut, akan tetapi dengan menggunakan wifi tersebut alamat ip kita akan sangat mudah ditemukan atau tersebar dan disalah gunakan. Oleh karena itu dengan menggunakan wifi yang sudah diamankan dengan VPN para penggunakan akan merasa lebih lega untuk menggunakan wifi tersebut.

III. Kesimpulan
      VPN (Virtual Private Network) merupakan media perantara yang memungkinkan seorang pengguna komputer atau gadget lainnya terhubung dengan internet melalui sebuah server yang dijalankan oleh penyedia VPN. Semua data yang berlalu lalang antara komputer atau gadget pribadi tersebut terenskripsi secara aman dan terjamin.

IV. Referensi
      EBOOK MTCNA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here