Pengertian Routing II Blc Telkom Klaten - Edwin Firmansyah

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 26 Maret 2018

Pengertian Routing II Blc Telkom Klaten





I. Pendahuluan
    Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router adalah sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya, proses tersebut dinamakan routing.
    Dinamankan Routing karena berasal dari kata route yang berarti menentukan jalur sebuah data akan dikirim dan akan melewati hop-hop serta kemana tujuan data akan dikirim. Proses routing itu sendiri terjadi pada lapisan 3 dari stack protokol tujuh-lapis OSI. Router terkadang digunakan untuk mengoneksikan 2 buah jaringan yang menggunakan media berbeda, seperti halnya dari Ethernet menuju ke Token Ring. Itulah pengertian router.
    Fungsi router adalah menghubungkan 2 jaringan atau lebih untuk menyalurkan data informasi dari jaringan satu ke jaringan lainnya. Dalam proses penyaluran sinyal data informasi tadi, perangkat baik yang menerima atau yang mengirim harus terkoneksi dengan internet.
II. Pengertian
     Fungsi utama router yaitu menghubungkan beberapa jaringan untuk menyampaikan data dari suatu jaringan ke jaringan yang lain. Namun router berbeda dengan Switch, karena Switch hanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan membentuk LAN (local area network). Sedangkan router digunakan untuk menghubungkan antar satu LAN dengan LAN yang lainnya.
     Routing berfungsi untuk menentukan setiap jalur yang akan dilewati setiap data yang akan melewati hop-hop yang sudah kita tentukan dengan cara merouting.

Jenis router dalam jaringan komputer secara umum terbagi menjadi 2 jenis :

  1. Router statis adalah router yang di setting manual oleh administrator sehingga memiliki tabel routing statis
  1. Router dinamis adalah router yang mempunyai dan membuat tabel routing dinamis dengan melihat sinyal lalu lintas jaringan dan saling terhubung dengan router yang lainnya.
  1. Manual oleh “network administrator”
  1. Pengumpulan informasi melalui proses dinamik dalam jaringan.

     Cara kerja router ini dinamakan routing yang memiliki kemampuan untuk mengirimkan data atau informasi sesuai rute perjalanan menuju host baik dari sesama network atau berbeda network. Logikanya sederhana, jika data/informasi ditujukan pada host di network lain, maka router akan menjalankan ke network tersebut. Namun, jika data/informasi ditujukan pada host dalam satu network, maka router akan menghalangi data/informasi itu keluar dari network.
     Sebuah router mempelajari informasi routing dari mana sumber dan tujuannya yang kemudian ditempatkan pada tabel routing. Router akan berpatokan pada tabel ini, untuk memberitahu port yang akan digunakan untuk meneruskan paket ke alamat tujuan.
      Jika network tujuan, terhubung langsung (directly connected) ke router, Router sudah langsung bisa mengetahui port yang harus digunakan untuk meneruskan paket. Jika network tujuan tidak terhubung langsung ke router, Router harus mempelajari rute terbaik yang akan digunakan untuk meneruskan paket. Informasi ini dapat dipelajari dengan cara :

IV. Kesimpulan
     Konfigurasi Routing bertujuan untuk menentukan setiap hop atau titik yang harus dilewati setiap data yang akan dikirim dengan cara memasukan setiap identitas hop yang ada untuk dimasukan ke routing table dan disimpan untuk paket atau data yang akan dikirim selanjutnya.

V. Referensi
    EBOOK MTCNA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here