Routing Static II BLC Telkom Klaten - Edwin Firmansyah

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 27 Maret 2018

Routing Static II BLC Telkom Klaten


I. Pendahuluan
      Fungsi utama router yaitu menghubungkan beberapa jaringan untuk menyampaikan data dari suatu jaringan ke jaringan yang lain. Namun router berbeda dengan Switch, karena Switch hanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan membentuk LAN (local area network). Sedangkan router digunakan untuk menghubungkan antar satu LAN dengan LAN yang lainnya.
       Dinamankan Routing karena berasal dari kata route yang berarti menentukan jalur sebuah data akan dikirim dan akan melewati hop-hop serta kemana tujuan data akan dikirim. Proses routing itu sendiri terjadi pada lapisan 3 dari stack protokol tujuh-lapis OSI. Router terkadang digunakan untuk mengoneksikan 2 buah jaringan yang menggunakan media berbeda, seperti halnya dari Ethernet menuju ke Token Ring. Itulah pengertian router.

II. Latar Belakang
      Untuk menghubungkan jaringan yang berbeda-beda dan menjadikannya menjadi satu dan dapat saling terhubung dibutuhkan lah sebuah alat yang dapat mengkomunikasi kan beberapa network yang berbeda dan alat tersebut harus dikonfigurasi agar dapat berkerja dengan baik

III. Maksud & Tujuan
       Konfigurasi Routing bertujuan untuk menentukan setiap hop atau titik yang harus dilewati setiap data yang akan dikirim dengan cara memasukan setiap identitas hop yang ada untuk dimasukan ke routing table dan disimpan untuk paket atau data yang akan dikirim selanjutnya.

IV. Alat & Bahan
       1. Laptop
       2. Router
       3. Software  WinBox

V. Jangka Waktu
    5 menit - 10 menit

VI. Tahap Pelaksanaan
       1. Hubungkan Router 1 degan Router 2
       2. Tambahkan IP pada kedua Router tersebut
       3. masuk ke menu IP - Router dan klik tanda "+"
       4. Masukan Network tujuan atau pada table network dan isi gateway dengan IP next hop atau interface yang terhubung dengan router

        5. Lakukan langkah 4 ke router lawan atau router 2

        6. test untuk menguji konektifitas

VII. Kesimpulan
    Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router adalah sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya, proses tersebut dinamakan routing.
VIII. Referensi
       EBOOK MTCNA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here